Blog seorang mahasiswa jurusan teknik industri

Rabu, 21 September 2016

Kebudayaan di Sekitar Lingkungan Saya



 Saya tinggal di D.K.I Jakarta tepatnya di provinsi Jakarta Selatan disini ada berbagai macam budaya di sekitar saya dari daerah manapun ada yang dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Medan, Padang dsb.Akan tetapi mayoritas penduduknya merupakan suku asli dari Jakarta yaitu suku Betawi.
Saya sendiri lahir dan dibesarkan di Jakarta, kedua orang tua saya berasal dari daerah yang berbeda, Ayah berasal dari Padang, Sumatra Barat dan Ibu berasal dari Cirebon, Jawa Barat, namun sayangnya saya tidak begitu paham dengan bahasa daerah entah itu Padang maupun Sunda.







Di lingkungan tempat tinggal saya sering kali setiap sore ada ondel-ondel dan beberapa pemain musik sedang mencari uang sambil memainkan lagu keroncong. Rumah saya jaraknya tidak begitu jauh dari Kebun Binatang Ragunan, hampir setiap pagi dan sore selalu macet, dan pada minggu pagi pun juga macet. Rumah saya tidak terlalu jauh dari jalan utama, jadi hampir setiap hari saya melihat kemacetan dan ini tidak hanya terjadi di Jakarta Selatan saja, namun di seluruh Jabodetabek, dan sudah menjadi santapan sehari hari warga Jabodetabek.
Selain itu juga orang-orang di Jakarta kebanyakan mereka berbicara dengan intonasi cepat dan jarang berbasa basi melainkan langsung to the point. Tetapi sayangnya budaya di sekitar lingkungan saya tidak begitu jelas, dikarenakan orang orang Jakarta banyak yang sibuk mencari nafkah di Jakarta sehingga mereka tidak memikirkan budaya asli Jakarta yang patutnya dilestarikan, tidak hanya ondel-ondel saja namun kebudayaan yang lain juga harus diperkenalkan kepada generasi muda seperti tari jaipong, tari topeng, dsb. Tidak mau kan budaya Jakarta diambil pihak asing ???? jadi marilah kita lestarikan.

Interview saya pada seorang pedagang asal Batusangkar, Sumatra Barat bernama Fitri


Fitri mengatakan : "Budaya di sini beda ga sama kaya di kampung saya, orangnya kurang ramah, disini juga padat dan keamanannya rendah"

Saya menyetujui hal itu, ya Jakarta memang sangat ramai, dan menjadi salah satu kota tidak aman di dunia
berdasarkan http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150129073701-20-28179/survei-jakarta-kota-paling-tak-aman-sejagat/
Juga orang Jakarta suka kepo dengan keramaian ,simak video berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=LEC5QKxIs78

Sekian, itulah menurut saya budaya orang Jakarta, mudah mudah-an suatu saat Jakarta menjadi kota yang bersih,aman, nyaman, dan tentram.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

http://baak.gunadarma.ac.id/ http://ilab.gunadarma.ac.id/

Israfi Maulana

Diberdayakan oleh Blogger.